Jurnal Manajemen dan Bisnis
Vol 2, No 2 (2018)

Analisis Rencana Strategi Pembangunan Kampung (RESPEK) Terhadap Kinerja Kampung (Studi Pada Kampung Asey Kecil Distrik Sentani Timur Kabupaten Jayapura Provinsi Papua)

Dawan, Daniel (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1). Memahami peran masing-masing komponen kampung dalam pelaksanaan Rencana Strategi Pembangunan Kampung (Respek) di Kampung Asey Kecil Distrik Sentani Timur Kabupaten Jayapura. 2). Memahami hakekat dari masing-masing  komponen kampung  terhadap implementasi program Rencana Strategi Pembangunan Kampung (RESPEK), di Kampung Asey Kecil Distrik Sentani Timur Kabupaten Jayapura Provinsi Papua. 3). Untuk mengetahui apakah  Rencana Strategi Pembangunan Kampung (RESPEK), memberikan perubahan melalui kinerja kampung.Penelitian  yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Lokasi penelitian pada Kampung Asey Kecil Distrik Sentani Timur Kabupaten Jayapura. Hasil penelitian menunjukan bahwa  Analisis Rencana Strategi Pembangunan Kampung (RESPEK), telah memberikan dampak nyata terhadap pembangunan kampung, khususnya Kampung Asey Kecil, baik dari segi sarana prasarana (pendidikan,pelayanan kesehatan), infrastruktur (pembuatan bak air bersih, listrik, jalan, MK serta peningkatan makanan dan gizi. Keberhasilan RESPEK tidak terlepas dari strategi pembangunan yang diterapkan diantaranya adalah Pendekatan Budaya Lokal, Pendekatan Strategi Partnership serta Pendekatan Partisipatory dengan adanya pendekatan tersebut mampu menjawab persoalan pembangunan kampung, dan telah memberikan dampak nyata terhadap pembangunan kampung. Komponen kampung sangat berperan serta dalam program pembangunan kampung, yang dicanangkan Pemerintah Daerah Provinsi Papua sesuai dengan Undang-undang Otonomi Daerah Nomor 22 Tahun 1999 serta Undang-undang Otonomi Khusus Nomor 21 Tahun 2001 bagi Provinsi Papua yang memberikan kewenangan Pemerintah Daerah Provinsi Papua dan Pemerintah Kota dan Kabuapten serta masyarakat dapat mengatur dan mengurus dirinya sendiri.

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

jmb

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JUMABIS merupakan jurnal enam bulanan untuk menyajikan tulisan tentang manajemen dan bisnis. JUMABIS berfokus pada pengembangan ilmu-ilmu ekonomi khususnya Manajemen dan Bisnis, baik tinjauan ilmiah maupun praktis, sehingga diharapkan menjadi media Ilmiah demi terciptanya integrasi antara ...