Sarana dan prasarana dalam sebuah kampus harus terpenuhi dari beberapa aspek. Diantaranya gedung perkuliahan dan segala sesutau yang menunjang kepentingan perkuliahan. pada aspek prasarana, kampus tidak boleh mengabaikan fasilitas yang difungsikan oleh warga kampus seperti jalan utama, dan tempat umum lainnya. UIN Sumatera Utara Medan sebagai salah satu kampus besar di Sumatera Utara, dengan jumlah mahasiswa yang berkisar 16.038 mahasiswa, baik tingkat s-1, S-2 dan S-3. Penelitian ini bertujuan untuk menggali data dan mengevaluasi sarana dan prasarana belajar di kampus UIN Sumatera Utara. Studi dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang dari segi keilmuan, penelitian ini menggunakan pendekatan sosio agama. Analisis yang digunakan adalah reduksi data, tampilan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sarana dan prasarana belajar di kampus UIN Sumatera Utara masih layak digunakan untuk pembelajaran, Hanya saja, kebersihan dan keindahan pada sarana dan prasarana UIN Sumatera Utara masih terbilang minim, baik dari sisi perawatan sarana dan prasarana maupun pelestariannya. Upaya pimpinan baru sebatas pada rencana optimalisasi regulasi yang mengatur mengenai hal itu. Ke depan akan dilakukan upaya penyeragaman aturan yang memberi panduan bagi warga kampus dalam menjaga sarana dan prasarana belajar agar terwujudnya kebersihan dan keindahan kampus.
Copyrights © 2018