JPF : JURNAL PENDIDIKAN FISIKA
Vol 6, No 1 (2018): PENDIDIKAN FISIKA

Penerapan Pendekatan Keterampilan Dasar Proses Sains terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 14 Gowa

Fitri Magfirah (Unknown)
Muh. Tawil (Unknown)
Nurlina Nurlina (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Mar 2018

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest design  yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar fisika setelah diajar dengan pendekatan keterampilan dasar proses sains . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar yang terdiri dari 22 soal dalam bentuk pilihan ganda yang telah divalidasi oleh dua orang validator. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan uji N-gain. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa pembelajaran dengan pendekatan keterampilan dasar proses sains mengalami peningkatan yang berada pada kategori sedang.Kata kunci: Pendekatan keterampilan dasar proses sains,Hasil belajar FisikaThis researchis a pre-experimental research with a one-group pretest-posttest design that aims  to find out how much physics learning outcomes physics after being taught by Approach of basic science process skill. The data collection technique used is a learning result test consisting of 22 questions in the form of multiple choice that has been validated by two validators. The collected data were analyzed using descriptive analysis technique and N-gain test. From the results of the study found that learning with approach of basic science process skills to the experienced an increase that is in the category of being.Keywords: Approach of basic science process skill, Learning result

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan Fisika merupakan jurnal yang memuat hasil-hasil penelitian pada bidang pendidikan fisika. Hasil Penelitian yang dimuat pada jurnal ini berasal dari tenaga pengajar, alumni pada Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar serta hasil penelitian dari ...