JPF : JURNAL PENDIDIKAN FISIKA
Vol 1, No 2 (2013): PENDIDIKAN FISIKA

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS XI IPA1 SMA NEGERI 1 PARANGLOE

Suwandi Suwandi (Unknown)
Muh Tawil (Unknown)
Bunga Dara Amin (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2017

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik  kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Parangloe  yang berjumlah 35 peserta didik  terdiri atas 9 laki-laki dan 26 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus terdiri atas empat komponen utama, yaitu: 1). Perencanaan, 2). Pelaksanaan tindakan, 3). Observasi, dan 4). Refleksi. Untuk mengumpulkan data tentang hasil belajar peserta didik  digunakan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dan untuk data peningkatan keaktifan peserta didik  dalam kelas digunakan lembar observasi. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I skor rata-rata hasil belajar peserta didik  sebesar  67,53 dengan persentase jumlah peserta didik  dalam kategori tinggi sebesar 70,59% sedangkan pada siklus II skor rata-rata hasil belajar peserta didik  sebesar 75,88 dengan persentase jumlah peserta didik  dalam kategori tinggi sebesar 85,71%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar fisika pada pokok bahasan gaya gravitasi Newton dan elastisitas bahan peserta didik  kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Parangloe  dapat ditingkatkan melalui pendekatan pembelajaran problem solving. Kata Kunci: hasil belajar fiika, pendekatan pembelajaran problem solvingThis research is a classroom action research (classroom action research) that aims to improve the learning outcomes of students in class XI physics IPA1 SMA Negeri 1 Parangloe totaling 35 students consisting of 9 men and 26 women. This study was conducted in 2 cycle consists of four major components, namely: 1). Planning, 2). Implementation of the action, 3). Observations, and 4). Reflection. To collect data on learning outcomes of students learning to use the test results in the form of multiple choice and to increase the data active learners in the classroom to use the observation sheet. Furthermore, the data were analyzed by using quantitative analysis and qualitative analysis. The results showed in the first cycle an average score of student learning outcomes at 67.53 with the percentage of students in the high category was 70.59%, while in the second cycle average score of student learning outcomes at 75.88 with the percentage of students in the high category of 85.71%. It can be concluded that the results of learning physics on the subject of Newton's gravitational force and elasticity of the material in class XI students of SMA Negeri 1 Parangloe IPA1 can be enhanced through learning approach to problem solving.Keywords: fiika learning outcomes, learning problem solving approach

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

jpf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan Fisika merupakan jurnal yang memuat hasil-hasil penelitian pada bidang pendidikan fisika. Hasil Penelitian yang dimuat pada jurnal ini berasal dari tenaga pengajar, alumni pada Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar serta hasil penelitian dari ...