Lectura : Jurnal Pendidikan
Vol. 8 No. 2 (2017): Lectura: Jurnal Pendidikan

Penerapan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep PadaMateri Kultur Jaringan TumbuhanMatakuliah Bioteknologi Tahun Akademik 2016/2017

Arlian Firda (Unknown)
Rikizaputra Rikizaputra (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan laboratorium virtualterhadap penguasaan konsep mahasiswa pada perkuliahan bioteknologi. Penelitianini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas LancangKuning. Pendekatan dan metode pada penelitian adalah eksperimental kuantitatifdengan alat pengumpul data berupa data pretest dan posttest. Sampel penelitianditentukan dengan cara purposive random sampling. Sampel penelitian adalahmahasiswa semester VIA dengan jumlah siswa 33 orang sebagai kelas kontrol danVIB dengan jumlah 32 orang sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis datadilakukan melalui pretest dan posttest. Hasil data uji-t N-Gain adalah 0,000 < 0,05(α), maka tolak H0 yang artinya terdapat perbedaan signifikan antara N-Gain kelaskontrol dan kelas eksperimen. Hal ini juga dapat dilihat dari rerata N-Gain padakelas eksperimen 0,73 (kategori tinggi), sedangkan pada kelas kontrol 0,37(kategori sedang). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwaterdapat pengaruh laboratorium virtual terhadap penguasaan konsep mahasiswapada materi kultur jaringan tumbuhan matakuliah bioteknologi tahun akademik2016/2017.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

lectura

Publisher

Subject

Arts Humanities Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Lectura: Jurnal Pendidikan is a scientific journal containing research articles in education scope. Lectura is published twice a year (February and August) by Faculty of Teachers Training and Education University of Lancang ...