Lectura : Jurnal Pendidikan
Vol. 8 No. 2 (2017): Lectura: Jurnal Pendidikan

Peningkatan Kemampuan Siswa dalam Menceritakan Pengalaman Pribadi melalui Metode Cerita Berantai pada Kelas IX.4 Semester 1 SMP Negeri 30 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2015/2016

Surya Hatma (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2017

Abstract

Kemampuan siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia terdiri dari banyak aspek, salahsatunya adalah berbicara. Kemampuan siswa kelas IX.4 SMP Negeri 30 Pekanbarumasih rendah dalam aspek berbicara yaitu bercerita dan menyimpulkan sebuah wacana.Salah satunya pada keterampilan siswa menceritakan pengalaman pribadi. Tujuanpenelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menceritakanpengalaman pribadi melalui metode cerita berantai pada siswa kelas IX.4 semester 1tahun pelajaran 2015/2016 SMP Negeri 30 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakanrancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Jumlah siswasebagai partisipan adalah sebanyak 28 orang. Kemudian, data dianalisis dengan sistemskor. Hasil penelitian terdiri dari kategori kesesuaian cerita dan keberanian siswadengan nilai berturut-turut pada siklus 1 dan 2 adalah 70,9 : 77,2 dan 71,2 : 84,2.Persentase peningkatan rata-rata kemampuan menceritakan pengalaman pribadi padasiklus 1 dan 2 berturut-turut adalah 71,2 (46%) : 84,5 (54%). Terdapat peningkatan yangsignifikan sebesar 8%. Sehingga disimpulkan bahwa dengan penerapan metode ceritaberantai dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menceritakan pengalamanpribadi.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

lectura

Publisher

Subject

Arts Humanities Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Lectura: Jurnal Pendidikan is a scientific journal containing research articles in education scope. Lectura is published twice a year (February and August) by Faculty of Teachers Training and Education University of Lancang ...