UNM Journal of Biological Education
Vol 1, No 1 (2017): September 2017

PERBEDAAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI YANG DIBELAJARKAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 7 BULUKUMBA

Hardiyanti Paharuddin (UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR)
A. Mushawwir Taiyeb (Universitas Negeri Makassar)
Rachmawaty Rachmawaty (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2018

Abstract

Tujuan umum penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan motivasi belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung, dan (2) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Penelitian ini adalah penelitian Quasy Eksperimen. Jenis eksperimen adalah Posttest-Only Control Group Desains. Populasi penelitian ini adalah rombel X SMA Negeri 7 Bulukumba, dan sampel terpilih sebanyak 2 rombel yaitu kelas X2 sebanyak 25 orang dan kelas X7 sebanyak 27 orang dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi belajar dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Motivasi belajar peserta didik kelas yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran langsung berada pada kategori sedang, (2) Hasil belajar peserta didik pada kelas inkuiri terbimbing berada pada kategori tinggi, dan hasil belajar peserta didik pada kelas pembelajaran langsung berada pada kategori rendah, (3) Motivasi belajar peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbeda secara signifikan dengan peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran langsung, (4) Hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbeda secara signifikan dengan peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran langsung.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

UJBE

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

UNM Journal of Biological Education with p-ISSN 2581-1959 and e-ISSN 2581-1967 publishes the latest research into the biology teaching and learning, assessment of biology learning, development of biology teaching and learning strategy, development of biology teaching media. The journal aims to ...