JURNAL HERITAGE
Vol 5 No 1 (2017)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT ADOPSI PENGGUNA DAN EFEKTIVITAS TERPAAN IKLAN DALAM APLIKASI SEBUAH SMARTPHONE

Fazizah,S.Sos.,M.AB., Amma (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2017

Abstract

Semakin berkembangannya era globalisasi saat ini banyak sekali dampak dari perubahan gayahidup di masyarakat, baik secara individu maupun berkelompok. Perkembangan teknologi menjadisemakin canggih dan mempunyai fitur-fitur menarik di dalamnya. Termasuk salah satunyaperkembangan teknologi mobile/telepon. teknologi mobile/t4elepon yang familiar digunakan sebagianbesar masyarakat saat ini adalah telepon pintar/smartphone.Karena hal itulah tentu terdapat pengaruh positif dan negatif dari berbagai fenomena yang ada.Diantaranya semakin banyaknya karakteristik pengguna smartphone dengan berbagai macam merek danfitur-fitur yang berbeda.Dampak dari penggunaan teknologi smartphone tersebut menyebabkan sebuah candu dan rasaketergantungan akan menggunakannya, sehingga berdampak negatif. Selain berdampak positif darifenomena yang ada juga menimbulkan dampak positif bagi dunia usaha, yaitu upaya produsen dalammemasang iklan untuk memasarkan produknya di dalam aplikasi sebuah smartphone.Perubahan tingkat pemakaian/penggunaan sebuah produk komunikasi yang semakin cepatmembuat sistem komunikasi seseorang semakin berkembang sehingga sangat mempengaruhi duniaperiklanan dalam aplikasi sebuah smartphone.Dari perkembangan komunikasi yang semakin cepat menyebabkan dampak yang besar padadunia advertising pada aplikasi sebuah smartphone. Hal demikian memberikan peluang yangmenguntungkan sebuah perusahaan untuk mengiklankan produk/jasanya dalam bentuk mobileadvertisement. Iklan ini bisa ditampilkan dalam Mobile advertisement adalah sebuah iklan yang dapattampil dalam berbagai bentuk diantaranya sound, music, tulisan, model grafik, lewat terminal komunikasisebuah smartphone (N. Sott dan I. Respini : 2001)Banyak perusahaan membentuk hubungan/kerjasama secara intens denganpengusaha/pengembang sebuah aplikasi dalam smartphone yang paling banyak di download penggunadan aplikasi yang terkenal di kalangan pengguna, kemudian pada aplikasi tersebut disisipkan sebuahiklan. Mobile advertisement mempunyai kelebihan diantaranya bisa melakukan one to one pemasarandan mass marketing dalam waktu yang sama (Carhm, Inter : 2002)Seiring berjalan waktu dan berkembangnya teknologi komunikasi, banyak perusahaan yangmemperhatikan efek dari pemasangan iklan di sebuah aplikasi smartphone, untuk mengetahui tingkatefektifitas strategi pemasaran produk/jasa mereka melalui pemasangan iklan dalam aplikasi sebuahsmartphone.Penelitian ini tidak lain bertujuan untuk menginvestigasi terhadap efektivitas sebuah iklan dalamaplikasi sebuah smartphone dan menginvestigasi beberapa faktor yang mempengaruhi persepsi parapengguna dalam mengunakan smartphone tersebut. Diharapkan penelitian ini ke depan bisa memberikankontribusi/rekomendasi tentang beberapa kualifikasi iklan yang bagus di masyarakat.Metode survey akan diterapkan pada penelitian ini dan melihat hubungan antara beberapapengukuran tentang advertising pada aplikasi sebuah smartphone.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

HERITAGE

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Heritage merupakan publikasi ilmiah enam bulanan yang diterbitkan oleh FISIP Universitas Yudharta Pasuruan. Dan terdiri dari kumpulan penelitian-penelitian ilmu-ilmu sosial dalam perspektif ilmu komunikasi. Naskah yang diterima hanya naskah asli dan belum di publikasikan di media ...