Studi Arab


MODEL PEMBELAJARAN MADRASAH DINIYAH ULA DI PONDOK PESANTREN SIDOGIRI KRATON PASURUAN

achmad Yusuf (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) model pembelajaran serta kekurangan dan kelebihan pembelajaran Madrasah Diniyah Ula di Pondok Pesantren Sidogiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian ini dikumpulkan dengan analisis dokumen, observasi, dan wawancara dan dianalisis dengan teknik deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) Metode yang digunakan ceramah, dikte, dan hafalan, (2) materi yang diterapkan dari Pondok Pesantren Sidogiri dan tiga materi umum. (3) Media yang digunakan masih sederhana, kecuali untuk materi umum menggunakan media yang menunjang, dan (4) sistem evaluasi yang dilakukan adalah review diawal pelajaran dan ada ulangan. Kelebihan (1) sudah diakui pemerintah, (2) materi kitabnya lebih baik karena diolah dan dikembangkan sendiri, (3) sistem evaluasinya mengadakan review dan ujian di akhir semester. Kekurangan (1) metode masih klasik (ceramah, dikte, dan hafalan).

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

studi-arab

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal ilmiah Studi Arab ini dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Yudharta Pasuruan dengan masa terbit dua kali dalam setahun. Jurnal ini berisi kajian-kajian kearaban, baik terkait pemikiran, pendidikan, hukum, politik, ekonomi, sosial, maupun budaya ...