Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
Vol 3, No 4 (2018): Volume 3 Nomor 4, November 2018

Pendekatan Realistik Mangrove Untuk Meningkatkan Hasil Dan Minat Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Di SD Pesisir Sampang

Chairul Fajar Tafrilyanto (Universitas Madura)
Bambang Kurnadi (Universitas Madura)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendekatan realistik mangrove untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika di SD pesisir Sampang. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus, dengan subjek penelitian siswa kelas II SDN Taddan II Sampang sebanyak 40 orang. Subjek tersebut dipilih berdasarkan masalah yang dihadapi siswa dalam pembelajaran matematika. Untuk memperoleh data digunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes dan angket. Hasil dari penelitian yaitu Aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran menggunakan pendekatan realistik mangrove mengalami peningkatan sebesar 1,35. Terlihat dari hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I yaitu 1,82 dengan kategori cukup dan pada siklus II menjadi 3,17 dengan kategori baik. Respon siswa dalam penggunaan pendekatan realistik mangrove menunjukkan adanya peningkatan dengan persentase sebesar 18,09%. Terlihat pada siklus I diperoleh persentase sebesar 73,41 % , dan pada siklus II menjadi 91,50%. Respon siswa kedua siklus efektif karena yang menunjukkan minat yang baik terhadap pembelajaran menggunakan pendekatan realistik mangrove. Hasil belajar siswa dalam penggunaan pendekatan realistik mangrove juga mengalami peningkatan rata-rata sebesar 30,28 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 52,4%. Pada siklus I terdapat 37 siswa dengan nilai rata-rata 50,70. Sebanyak 13 siswa dinyatakan tuntas dengan persentase ketuntasan sebesar 35,10%. Sedangkan Pada siklus II terdapat 40 siswa dengan nilai rata-rata 80,98. Sebanyak 35 siswa dinyatakan tuntas dengan persentase ketuntasan sebesar 87,50%.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

BRILIANT

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Education

Description

BRILIANT : Jurnal Riset dan Konseptual published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Published four times a year in print and online. Journals are published every three months, in February, May, August and November. The article topics contained in this journal are the results of research and ...