Jurnal Wawasan dan Riset Akuntansi
Vol 3, No 2 (2016)

PENGARUH PARTISIPASI DALAM PENGANGGARAN DAN PERAN MANAJERIAL PENGELOLA KEUANGAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL (Studi Pada Dinas Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah Kab. Ciamis)

Dede Abdul Rozak (Fakultas ekonomi universitas galuh)
Roni Marsiana Suhendi (Fakultas ekonomi universitas galuh)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2018

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Partisipasi dalam penganggaran dan peran manajerial pengelola keuangan daerah terhadap kinerja manajerial (Suatu studi Pada Dinas Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Ciamis). Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi: 1). Bagaimana Pengaruh Partisipasi dalam Penganggaran terhadap Kinerja Manajerial di DPPKAD Kabupaten ciamis? 2). Bagaimana Pengaruh Peran Manajerial Pengelola Keuangan terhadap Kinerja Manajerial di DPPKAD Kabupaten ciamis? 3) Bagaimana Pengaruh Partisipasi dalam Penganggaran dan Peran Manajerial Pengelola Keuangan Daerah terhadap Kinerja Manajerial di DPPKAD Kabupaten Ciamis?. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan cara mengumpulkan melalui penyebaran kuisoner, teknik analisis dengan melakukan analisis koefisien korelasi Product Moment , Koefisien Korelasi Ganda,Uji Koefisien Determinasi Ganda, Uji hipotesis menggunakan Uji Signifikansi (Uji T) dan Uji Koefisien Regresi secara bersama – sama (uji F). Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa partisipasi dalam penganggaran dan peran manajerial pengelola keuangan daerah berpengaruh sigifikan pada Dinas Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Ciamis dengan besarnya pengaruh 19,36% dan sisanya 80,64% telah dipengaruhi oleh faktor lain.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jawara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JAWARA : Jurnal Wawasan dan Riset Akuntansi merupakan Jurnal Ilmu akuntansi yang menyajikan artikel pengembangan wawasan atas isu-isu akuntansi terkini (konseptual) dan hasil penelitian akuntansi (empiris) yang mencakup Akuntansi Keuangan, Akuntansi Manajemen, Akuntansi Sektor Publik, Akuntansi ...