Journal of Studies in Early Childhood Education (J-SECE)
Vol 1 No 2 (2018): Nov 2018, Volume : 1, Number : 2

Keefektifan Media Mewarnai 3 Dimensi melalui Pembelajaran Proyek bagi Anak Usia Dini

Rohmah, Naili (Unknown)
Shofiyuddin, Muh (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2018

Abstract

Mewarnai merupakan salah satu aktivitas seni anak usia dini. Anak usia dini tidak akan terlepas dari kegiatan seni, baik seni rupa, seni musik, seni drama, maupun seni tari. Mewarnai menjadi aktivitas andalan bagi anak-anak, dengan mewarnai akan menumbuhkan kemampuan anak mengenal dan mengaplikasikan warna ke dalam gambar. Mewarnai yang dilakukan menggunakan media 3 dimensi (3D) berasal dari bahan dasar semen putih, selanjutnya akan di warnai menggunakan kuas dengan nuansa pembelajaran proyek. Terdapat dua tujuan dalam penelitian ini: 1) untuk menganalisis hasil belajar kemampuan mewarnai antara kelompok eksperimen; dan 2) kelompok kontrol serta menganalisis keefektifan media mewarnai 3 dimensi melalui pembelajaran proyek bagi anak usia dini. Desain penelitian eksperimen yang digunakan adalah tipe non-equivalent control group design. Terdapat 36 anak yang dijadikan populasi, populasi dan sampel dipilih berdasarkan letak geografis lembaga PAUD. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes lisan. Teknik analisis yaitu independent sample t test dan paired sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil belajar kelompok eksperimen lebih tinggi dibanding kelompok kontrol; dan 2) media mewarnai 3 dimensi melalui pembelajaran proyek lebih efektif daripada media mewarnai kertas pada pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

sece

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Studies in Early Childhood Education publishes research articles, reports field studies, the best practices and policies of early childhood learning, spesical need, and non-formal studies in national and international issues in educational research published online ( p-ISSN : 2615-5397 ...