PROFIT : Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi
Vol 5, No 2 (2018): PROFIT

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PRAKTIKUM AKUNTANSI BERBASIS PEMBELAJARAN KOLABORATIF

Edutivia Mardetini (Universitas Sriwijaya)
Siti Fatimah (Universitas Sriwijaya)
Dian Eka Amrina (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2018

Abstract

Abstract The problem formulated is how the validity, and practicality of practical colaborative teaching-based accounting practice. As for the purpose of this study is to describe the level of validity, and practicality of materials accounting practice course -based collaborative learning. This type of research is Research & Development (R & D) by Borg & Gall. Population in this study all students of economic education academic year 2017-2018. The sample of research that is students Indralaya class which take Accounting Practice course that amounts to 45 students. Data collection techniques used were questionnaires and tests of learning outcomes. With a validity test 91.67% obtained from the material experts and 90% of linguists who showed the results of both valid categorized vallidators. Then from the test practically obtained results stating that this resource is practically used to understand the material of accounting practice. Thus the development of cooperative learning materials based on collaborative learning accounting is valid and practical use in lectures activities. Abstrak Permasalahan yang dirumuskan adalah bagaimanakah validitas, dan kepratisan bahan ajar praktikum akuntansi berbasis pembelajaran kolaboratif. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan tingkat validitas, dan kepraktisan bahan ajar pratikum akuntansi berbasis pembelajaran kolaboratif. Jenis penelitian ini yaitu penelitian Research & Development (R&D) oleh Borg & Gall. Populasi dalam penelitian ini seluruh mahasiswa pendidikan ekonomi semester ganjil tahun akademik 2017-2018. Dengan sampel penelitian yaitu mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Praktikum Akuntansi kelas Indralaya yang berjumlah 45 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket. Dengan uji kevalidan diperoleh 91,67% dari ahli materi dan 90% dari ahli bahasa yang menunjukkan hasil kedua vallidator terkategori valid. Kemudian dari uji kepaktisan diperoleh hasil yang menyatakan bahwa bahan ajar ini praktis digunakan untuk memahami materi praktikum akuntansi. Dengan demikian pengembangan bahan ajar praktikum akuntansi berbasis pembelajaran kolaboratif bersifat valid, dan praktis untuk digunakan dalam kegiatan perkuliahan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

PROFIT : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi mempublikasikan hasil penelitian ilmiah di bidang Pendidikan Ekonomi dan kajian Ilmu Ekonomi lainnya, berupa penelitian dasar, perancangan, dan pengembangan teknologi, serta kajian teoritis. Jurnal terbit secara berkala dua kali setahun (Mei dan ...