Jurnal PROTEKSI (Proyeksi Teknik Sipil)
Vol 3, No 2: Edisi Juli 2017

SKENARIO PENGOPERASIAN ANGKUTAN PENGUMPAN (FEEDER) GUNA MENDUKUNG PENGEMBANGAN BUS RAPID TRANSIT (BRT) DI KOTA PALANGKA RAYA (STUDI KASUS KAWASAN DIPONEGORO)

Rizky, Dwi Agung (Unknown)
Riani, Desi (Unknown)
Murniati, Murniati (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2017

Abstract

Penggunaan kendaraan pribadi di Kota Palangka Raya cukup tinggi sehingga penggunaan angkutan umum cenderung rendah. Oleh sebab itu perlu dipertimbangkan adanya moda baru yang lebih menarik minat masyarakat. Moda tersebut haruslah aman dan nyaman, efisien, serta terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat. Adapun moda baru tersebut adalah Bus Rapid Trasit (BRT) yang dalam pengembangannya harus didukung dengan angkutan pengumpan (feeder) sehingga tercipta integrasi moda.Penelitian ini bertujuan untuk mendesain rute pengoperasian feeder sesuai kebutuhan di Kota Palangka Raya dengan 2 skenario yaitu skenario perpindahan 25% dan skenario perpindahan 50%, menganalisis dampak pengoperasiaan feeder  terhadap efisiensi penggunaan bahan bakar minyak dan pengaruhnya terhadap kapasitas jalan di Kota Palangka Raya. Yang menjadi dasar pertimbangan dalam pengembangan angkutan umum massal adalah analisis pola jaringan jalan, analisis jenis tata guna lahan dan analisis jenis pergerakan jalan.Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah 2 rute pengoperasian feeder di Jalan Diponegoro, Anggrek, RTA Milono, Janah jari, Cempaka, Seth Adji, Karet, Pinus, dan Pilau dengan jumlah armada sebanyak 8 unit. Jika skenario perpindahan 25% maka untuk kedua rute ini memerlukan armada sebanyak 8 unit dan untuk skenario perpindahan 50% memerlukan armada sebanyak 14 unit. Dari segi efisiensi penggunaan bahan bakar minyak penggunaan feeder akan lebih efisien dibandingkan penggunaan kendaraan pribadi. Untuk skenario perpindahan 25% dan 50% perbandingan penggunaan bahan bakar minyak antara penggunaan feeder dengan kendaraan pribadi adalah 1:13 lt/km. Selain itu dengan adanya pengembangan feeder dapat meningkatkan Level Of Service (LOS) pada ruas jalan di Kota Palangka Raya.Kata Kunci: Feeder, Skenario, Efisiensi BBM, BRT.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

PRT

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

Jurnal PROTEKSI (Proyeksi Teknik Sipil), ISSN 2460-4305 (online), ISSN 2460-4410 (print), yang diterbitkan dua kali dalam satu Tahun (Bulan Januari dan Bulan ...