Bio-Lectura
Vol. 2 No. 1 (2015)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE KELAS VIII SMPN 2 BANGKINANG KOTA TAHUN PELAJARAN 2013

Hafizah Hafizah (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2015

Abstract

ABSTRAK: Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan model pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS). Penerapan TPS memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS.Hasil penelitian menunjukkan: (1) Dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share pada pembelajaran IPS, hasil belajar siswa setiap siklusnya mengalami perubahan secara signifikan. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 70,33 dengan ketuntasan 66,66 %, lalu meningkat pada siklus II menjadi 75,33 dengan ketuntasan 86,66 %. (2) Setelah diterapkannya model pembelajaran Kooperatif Think Pair Share yang tepat maka aktivitas dan prestasi belajar IPS pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Bangkinang Kota dapat meningkat. Siswa yang aktif dalam pembelajaran mencapai 76,66% dan data aktivitas kelompok mencapai 75,83%. Dari hasil penelitian tersebut dapat simpulkan dengan model pembelajara Kooperatif Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar belajar IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Bangkinang Kota.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

BL

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Bio-Lectura is a scientific journal containing research articles in Biology education scope. Bio-Lectura is published twice a year (April and October) by Faculty of Teachers Training and Education University of Lancang Kuning. The editor receives posts that have not been published in other print ...