Bio-Lectura
Vol. 4 No. 2 (2017)

PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) BERBASIS SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) PADA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VIIMTS GUPPI SABAK AUH KAB. SIAK T.A 2015/2016

Ermina Sari (Unknown)
Siti Maryam (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2017

Abstract

Abstrak :Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together berbasis Somatis, Auditori, Visual, Intelektual terhadap hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII MTs Guppi Sabak Auh Kab Siak T.A 2015/2016. Desain penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan nonequivalent pretest-posttest control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIB dan kelas VIIC dengan jumlah siswa 30 orang, yang diambil dengan teknik simple`random sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa Uji U Mann Whitney dan t-test. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Rerata N-Gain pada kelas kontrol 0,33 (kategori sedang), sedangkan pada kelas eksperimen 0,53 (kategori sedang). Hasil data uji-t N-Gain terdapat perbedaan signifikan antara N-Gain kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together berbasis Somatis, Auditori, Visual, Intelektual terhadap hasil belajar siswa di kelas VII MTs Guppi Sabak Auh Kab Siak tahun ajaran 2015/2016.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

BL

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Bio-Lectura is a scientific journal containing research articles in Biology education scope. Bio-Lectura is published twice a year (April and October) by Faculty of Teachers Training and Education University of Lancang Kuning. The editor receives posts that have not been published in other print ...