Bio-Lectura
Vol. 5 No. 1 (2018)

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR ( SPPKB ) BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP KELAS VII SMP N 1 LANGGAM T.A 2017/2018

Martala Sari (Universitas Lancang Kuning)
Lusi Andriani (Universitas Lancang Kuning)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2018

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) berbantuan media powerpoint terhadap hasil belajar siswa pada materi ciri-ciri makhluk hidup. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 1 Langgam bulan Januari 2018. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan the matching only pretest-posttest control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIa dan VIIb dengan teknik pengambilan random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest, dan lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini berupa uji-t. Rerata N-Gain pada kelas eksperimen 0,52 (kategori sedang), sedangkan kelas kontrol 0,17 (kategori rendah). Hasil uji-t terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) berbantuan media powerpoint terhadap hasil belajar siswa pada materi ciri-ciri makhluk hidup di kelas VII SMP Negeri 1 Langgam T.A 2017/2018.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

BL

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Bio-Lectura is a scientific journal containing research articles in Biology education scope. Bio-Lectura is published twice a year (April and October) by Faculty of Teachers Training and Education University of Lancang Kuning. The editor receives posts that have not been published in other print ...