Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV A di SD No. 3 Dalung, Kecamatan Kuta Utara, Badung. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV A semester ganjil SD No. 3 Dalung Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 28 orang dan objek penelitiannya adalah hasil belajar IPA. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi dan metode tes. Selanjutnya diolah menggunakan tehnik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menujukan bahwa persentase hasil belajar IPA siswa pada siklus I sebesar 62 % dengan katagori âRendahâ pada siklus II sebesar 88 % dengan katagori âTinggiâ. Peningkatan hasil belajar IPA dari siklus I ke Siklus II sebesar 26 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Tipe STAD dapat meningatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV A semester ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017 di SD No. 3 Dalung.
Copyrights © 2017