International Journal of Elementary Education
Vol 2, No 3 (2018)

Pengaruh Model Pembelajaran STAD berbasis Portofolio terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika

Darmayanti, N.P.D (Unknown)
Wiarta, I.W. (Unknown)
Agustika, G.N.S. (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD berbasis portofolio terhadap kompetensi pengetahuan matematika pada siswa kelas V SD Negeri 1 Ubud tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Ubud tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah116 orang siswa. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB SD Negeri 1 Ubud dengan jumlah 40 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VC SD Negeri 1 Ubud dengan jumlah 37 siswa sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dengan bentuk tes objektif pilihan ganda biasa.Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t.Adapun nilai rata-rata kompetensi pengetahuan matematika siswa kelompok eksperimenyaitu81,25 sedangkan rata-rata siswa kelompok kontrol yaitu 74,62. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran STADberbasis portofolio terhadap kompetensi pengetahuan matematika pada siswa kelas V SD Negeri 1 Ubud tahun pelajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bahwa hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai kajian yang relevan khususnya sebagai penunjang penelitian selanjutnya mengenai model pembelajaran STAD berbasis portofolio.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

IJEE

Publisher

Subject

Health Professions Mathematics Public Health Social Sciences Other

Description

The aim of the Journal of International Journal of Elementary Education is to provide an international forum for the sharing, dissemination and discussion of research, experience and perspectives across a wide range of education, teaching, development, instruction, educational projects and ...