MAGISTRA: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Vol 5 No 2 (2018): Magistra: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERTIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X SMK N 6 PALU TAHUN AJARAN 2016/2017

Supriyadi Supriyadi (Universitas Musamus)
Syamsul Bahri (Universitas Musamus)
Amiruddin Kade (Universitas Tadulako)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2018

Abstract

Model pembelajaran merupakan hal penting yang sangat berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X SMK N 6 Palu melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan menggunakan satu kelas sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menujukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik. Hal ini terlihat dari perbedaan perbedaan nilai pretest dan nilai posttest. Rata-rata nilai pretest yang didapat adalah 27,67 dan nilai posttesnya didapatkan nilai 36,07. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar fisika pada peserta didik kelas X SMK N 6 Palu. Penelitian ini juga diharapkan dapat menambah referensi guru fisika khususnya guru fisika pada SMK N 6 Palu dalam menerapkan model pembelajaran fisika. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Koopertif Tipe STAD, Hasil Belajar.

Copyrights © 2018