Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ogan Komering Ulu merupakan sebuah instansi pemerintah yang berfokus pada layanan catatan sipil. Pelayanan ke berbagai lapisan masyarakat yang jumlahnya tidak sebanding dengan pegawai yang ada menjadikan fenomena tersendiri pada instansi ini. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun sistem knowladge base dan sistem aspirasi masyarakat meliputi penyampaikan pertanyaan, keluhan, usul dan saran guna peningkatan layanan pada instansi tersebut. Metode penelitian yang digunakan menggunakan waterfall model yang meliputi analisis kebutuhan sistem, perancangan, implementasi, verifikasi dan perawatan. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem knowladge base yang membantu masyarakat dalam memahami kepengurusan dokumen sipil. Sistem Aspirasi yang dikembangkan juga membantu masyarakat dalam penyampaikan pertanyaan, keluahn, usul dan saran secara efektif dan efisien.Kata kunci: Knowladge Base, Sistem Aspirasi, Waterfall Model
Copyrights © 2018