Journal of Educational Research and Evaluation
Vol 1, No 3 (2017)

Pengelompokan Dan Klasifikasi Pada Data Hepatitis Dengan Menggunakan Support Vector Machine (SVM), Classification And Regression Tree (Cart) Dan Regresi Logistik Biner

Suwardika, Gede (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2017

Abstract

Hepatitis adalah peradangan pada hati karena toxin, seperti kimia atauobat ataupun agen penyebab infeksi. Hepatitis yang berlangsung kurang dari 6 bulan disebut "hepatitis akut", hepatitis yang berlangsung lebih dari 6 bulan disebut "hepatitis kronis".Hepatitis biasanya terjadi karena virus, terutama salah satu dari kelima virus hepatitis, yaitu A, B, C, D atau E. Hepatitis juga bisa terjadi karena infeksi virus lainnya, seperti mononukleosis infeksiosa, demam kuning dan infeksi sitomegalovirus. Penyebab hepatitis non-virus yang utama adalah alkohol dan obat-obatan.Dalam penelitian ini dilakukan tes terhadap  155 pasien dengan respon meninggal atau hidup.  Untuk itu penerapan Data Mining akan dilakukan pada kasus diatas, memanfaatkan salah satu teknik yaitu Data Classification, sejumlah data testing yang tersedia akan di analisis serta dibandingkan dengan data training untuk dilakukan prediksi meninggal atau hidup.Hasil ketepatan klasifikasi antara data training dengan data testing dengan analisis regresi logistik adalah 79,4% sedangkan dengan menggunakan SVM diperoleh sebesar 80%. Pengelompokan dengan menggunakan K-Means dan Kernel K-Means menghasilkan ketepatan pengelompokan yang berbeda. Ini menunjukkan bahwa data hepatitis memiliki pengelompokan yang baik. Kemudian hasil pengelompokan pada Kernel K-Means dibandingkan dengan data aktual yang diklasifikasikan dengan menggunakan regresi logistik, SVM dan CART dimana dihasilkan bahwa data hasil dari Kernel K-Means memiliki ketepatan klasifikasi yang lebih baik dibandingkan dengan hasil klasifikasi pada data aktual.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JERE

Publisher

Subject

Humanities Education Public Health Social Sciences Other

Description

Journal of Educational Research and Evaluation (JERE) is an interdisciplinary publication of original research and writing on education which publishes papers to international audiences of educational researchers. The JERE aims to provide a forum for scholarly understanding of the field of education ...