Keberhasilan lembaga penyelenggara pendidikan sangat ditentukan oleh kualitas pelayanan yang dapat diukur melalui kepuasan mahasiswa sebagai pelanggan jasa pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengukur tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha, 2) mengetahui faktor dan variabel apa yang harus harus ditingkatkan untuk memenuhi kepuasan mahasiswa, 3) mengetahui faktor dan variabel apa yang harus tetap dipertahankan untuk memenuhi kepuasan mahasiswa, 4) apakah layanan yang diterima mahasiswa sudah sesuai dengan yang diharapkan mahasiswa. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Dimensi yang digunakan menyusun istrumen merupakan dimensi-dimensi yang menentukan kualitas pelayanan yang terdiri dari 5 dimensi yaitu: 1) bukti langsung (tangible), 2) keandalan (Reability), 3) daya tanggap (Responsiveness), 4) jaminan (Assurance), dan 5) Empati (Emphaty). Jumlah responden yang digunakan sebagai sampel berjumlah 321 responden yang diambil secara proporsional berdasarkan jumlah mahasiswa setiap jurusan. Teknik analisis yang digunakan adalah statistika deskriptif untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa, dilanjutkan dengan importance-performance analysis untuk mengetahui tingkat kepentingan dan kepuasan mahasiswa. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan akademik secara umum adalah cukup baik dengan persentase tingkat kepuasan sebesar 68,97%. Hasil Importance-Performance Analysis menunjukkan terdapat 6 indikator pelayanan yang harus mendapat prioritas peningkatan dan 3 indikator pelayanan yang harus dipertahankan untuk memenuhi kepuasan mahasiswa.
Copyrights © 2017