Journal of Educational Research and Evaluation
Vol 1, No 4 (2017)

Importance-Performance Analysis Sebagai Alat Evaluasi Kualitas Pelayanan Pendidikan Tinggi (Studi Kasus FIP Universitas Pendidikan Ganesha)

Sastra Agustika, Gusti Ngurah (Unknown)
Ayu Wulandari, I G. A. (Unknown)
Jayanta, I Nyoman Laba (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2017

Abstract

Keberhasilan lembaga penyelenggara pendidikan sangat ditentukan oleh kualitas pelayanan yang dapat diukur melalui kepuasan mahasiswa sebagai pelanggan jasa pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengukur  tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha, 2) mengetahui faktor dan variabel apa yang harus harus ditingkatkan untuk memenuhi kepuasan mahasiswa, 3) mengetahui faktor dan variabel apa yang harus tetap dipertahankan untuk memenuhi kepuasan mahasiswa, 4) apakah layanan yang diterima mahasiswa sudah sesuai dengan yang diharapkan mahasiswa. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Dimensi yang digunakan menyusun istrumen merupakan dimensi-dimensi yang menentukan kualitas pelayanan yang terdiri dari 5 dimensi yaitu: 1) bukti langsung (tangible), 2) keandalan (Reability), 3) daya tanggap (Responsiveness), 4) jaminan (Assurance), dan 5) Empati (Emphaty). Jumlah responden yang digunakan sebagai sampel berjumlah 321 responden yang diambil secara proporsional berdasarkan jumlah mahasiswa setiap jurusan. Teknik analisis yang digunakan adalah statistika deskriptif untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa, dilanjutkan dengan importance-performance analysis untuk mengetahui tingkat kepentingan dan kepuasan mahasiswa. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan akademik secara umum adalah cukup baik dengan persentase tingkat kepuasan sebesar 68,97%. Hasil Importance-Performance Analysis menunjukkan terdapat 6 indikator pelayanan yang harus mendapat prioritas peningkatan dan 3 indikator pelayanan yang harus dipertahankan untuk memenuhi kepuasan mahasiswa.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JERE

Publisher

Subject

Humanities Education Public Health Social Sciences Other

Description

Journal of Educational Research and Evaluation (JERE) is an interdisciplinary publication of original research and writing on education which publishes papers to international audiences of educational researchers. The JERE aims to provide a forum for scholarly understanding of the field of education ...