Journal of Education Technology
Vol 1, No 3 (2017)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA QUESTION BOX TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V

Seika Ayuni, I.G.A.P. Anggi (Unknown)
Kusmariyatni, Nyoman (Unknown)
Japa, I Gusti Ngurah (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick berbantuan media question box dan kelompok siswa yang dibelajarkan bukan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick berbantuan media question box pada siswa kelas V SD Gugus V Kecamatan Melaya Kabupaten Jembrana tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian semu dengan rancangan non equivalen post test only control group design. Populasi penelitian ini adalah kelompok siswa kelas V SD Gugus V Kecamatan Melaya Kabupaten Jembrana tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 120 siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas V SDN 1 Tukadaya dan SDN 2 Tukadaya yang dipilih dengan teknik random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes. Instrumen yang digunakan berbentuk instrumen pilihan ganda (objektif). Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan media question box dan kelompok siswa yang dibelajarkan bukan dengan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan media question box (thitung = 6,3 > ttabel = 2,009). Dibuktikan pula oleh perbedaan skor rata-rata kelompok eksperimen yaitu 22,57 dan kelompok kontrol yaitu 15,64. Hal ini berarti model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan media question box berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa siswa kelas V SD Gugus V Kecamatan Melaya Kabupaten Jembrana tahun pelajaran 2016/2017.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JET

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Journal of Education Technology p-ISSN : 2549-4856, e-ISSN : 2549-8290 is a publication of research results and scientific thoughts in the fields of education, learning, evaluation, innovation including the development and implementation of new technologies in education and ...