Jurnal Vokasi Indonesia
Vol 6, No 2 (2018): Juli - Desember

Budaya Kerentanan dan Kapasitas Masyarakat Menghadapi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami (Kajian Masyarakat Kabupaten Kepulauan Mentawai Sumatera Barat)

purnama betty (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2018

Abstract

Salah satu hal yang dapat mengancam keamanan negara adalah tingginya kejadian bencana. Berdasarkan penelitian, para ahli memperkirakan masih banyak kejadian bencana diantaranya gempa bumi besar yang berisiko terjadinya tsunami mengancam di wilayah Indonesia, khususnya di Kabupaten Kepulauan Mentawai yang merupakan siklus gempa 200 tahunan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk pengurangan risiko bencana adalah dengan mengetahui budaya yang ada di masyarakat, kerentanan, dan kapasitas masyarakat dalam menghadapi bencana. Tujuan dari kajian ini adalah untuk memetakan budaya masyarakat terkait dengan bencana dan menganalisis kondisi kerentanan dan kapasitas masyarakat dari aspek sosial, fisik, ekonomi, dan lingkungan. Lokasi penelitian ini dilakukan di dua desa, yaitu Desa Maileppet dan Desa Tuapeijat. Kajian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan alat bantu VCA (Vulnerability and Capacity Analysis) yang digunakan untuk memudahkan memetakan kerentanan dan kapasitas. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan Uma, sebagai rumah tradisionil merupakan hasil pengetahuan masyarakat Mentawai yang dapat mengurangi risiko bencana. Tutur dan cerita merupakan cara orang Mentawai untuk menurunkan nasihat nenek moyang. Kajian ini juga memperlihatkan pada sebagian besar aspek sosial, ekonomi, fisik, dan lingkungan masyarakat Desa Tuapeijat dan Desa Maileppet berada dalam kondisi rentan dan tidak memiliki kapasitas cukup untuk menghadapi bencana.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jvi

Publisher

Subject

Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Vokasi Indonesia is a applied and scientific journal which publishes original articles on new knowledge, research or applied research and other development related to vocational issue. The journal is published by Vocational Program universitas Indonesia and provides a broad-based forum for ...