Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh rasio leverage, pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan terhadap return on investment pada perusahaan sub sektor plastik dan kemasan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2013-2016. Dalam penelitian ini, rasio leverage diukur menggunakan Debt to Equity Ratio (DER), Degree of Financial Leverage (DFL), Sales Growth (SG) dan Firmâs Size (Size). Penelitian ini menggunakan data sekunder dan metode penarikan sampel dengan purposive sampling. Metode analisis yang digunakan yaitu secara statistik yang terdiri dari statistik deskriptif dan inferensial dengan menggunakan analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis dengan bantuan software Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 20.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa koefisien determinasi (R square) dalam penelitian ini sebesar 0,531 atau 53,1%. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Pengujian hipotesis menggunakan uji F menunjukkan bahwa F hitung > F tabel (4,217 > 2,14) dengan nilai signifikansi 0,005 < 0,05. Artinya DFL, SG dan Firmâs Size secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap return on investment, sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa nilai debt to equity ratio (-2,068 < 1,607 < 2,068), nilai degree of financial leverage (-2,068 < 0,763 < 2,068), nilai sales growth (-2,068 < 0,583 < 2,068) dan nilai firmâs size (-2,068 < -1,577 < 2,068) dengan ât tabel < t hitung < t tabel dan nilai signifikan > 0,05 yang artinya tidak berpengaruh signifikan terhadap return on investment. Kata Kunci: Debt to Equity Ratio (DER), Degree of Financial Leverage (DFL),  Sales Growth (SG), Firmâs Size (Size), Return On Investment (ROI)
Copyrights © 2017