Jurnal Segara
Vol 13, No 3 (2017): Desember

Pola Distribusi Konsentrasi Klorofil-a di Laut Maluku berdasarkan Pengamatan In Situ INDESO Joint Expedition Program 2016 dan Data Penginderaan Jauh

Indra Hermawan (Pusat Riset Kelautan, Badan Riset dan Sumberdaya Manusia Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan)
Agus Setiawan (Pusat Riset Kelautan, Badan Riset dan Sumberdaya Manusia Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan)
Nikita Pusparini (Pusat Riset Kelautan, Badan Riset dan Sumberdaya Manusia Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2017

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola distribusi konsentrasi klorofil-a di perairan Laut Maluku yang termasuk dalam Wilayah Pengelolaan Perikanan RI 715 berdasarkan data pengamatan in situ dan penginderaan jauh. Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2016 dan merupakan bagian dari Pelayaran Oseanografi INDESO Joint Expedition Program (IJEP) 2016 yang dilaksanakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan (Balitbang KP) menggunakan Kapal Riset Baruna Jaya VIII. Berdasarkan hasil pengamatan in situ pada 8 titik pengamatan di sepanjang Laut Maluku dari selatan ke utara, didapatkan bahwa konsentrasi klorofil-a di permukaan berkisar antara 0,1 hingga 0,6 mg/m3. Hasil perbandingan antara konsentrasi klorofil-a hasil pengamatan in-situ dengan model biogeokimia INDESO dan citra satelit SeaWiFS masing-masing memberikan root mean square error sebesar 0,1507 dan 0,1364 mg/m3. Sementara itu, secara vertikal konsentrasi klorofil-a maksimum (antara 0,4 hingga 1 mg/m3) ditemukan pada kedalaman antara 17 hingga 61 meter, yaitu pada lapisan mixed layer.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

segara

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Environmental Science Materials Science & Nanotechnology

Description

Jurnal SEGARA (p-ISSN: 1907-0659, e-ISSN: 2461-1166) adalah Jurnal yang diasuh oleh Pusat Riset Kelautan, Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDMKP), Kementerian Kelautan dan Perikanan – KKP, dengan nomenklatur baru Pusat Riset Kelautan, Badan Riset dan Sumber Daya ...