Corak : Jurnal Seni Kriya
Vol 5, No 2 (2016): NOVEMBER 2016

TEPAS KEPRAJURITAN SEBAGAI SUATU WADAH ORGANISASI BAGI PRAJURIT KERATON YOGYAKARTA

Anna Galuh Indreswari (Program Studi Kriya Seni, Jurusan Kriya, Fakultas Seni Rupa, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2016

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mencari tahu mengenai hal-hal penting yangberkaitan dengan Tepas Keprajuritan di Keraton Yogyakarta. Hal-hal penting mengenai TepasKeprajuritan sebagai suatu organisasi yang didirikan untuk kemajuan prajurit KeratonYogyakarta khususnya secara manajemennya. Hal-hal penting tersebut, di antaranya yaitu: (1)struktur organisasinya; (2) manajemennya; (3) sistem perekrutan pegawai; (4) penempatan danrotasi; dan (5) budaya kekuasaan di dalam organisasi tepas.Penelitian yang mengambil Tepas Keprajuritan sebagai obyeknya ini sudah barang tentumembutuhkan metode penelitian. Metode penelitian berguna untuk menemukan jawaban atassegala pertanyaan atau permasalahan. Penggunaan metode penelitian dalam memecahkanpermasalahan atau mencari jawab atas pertanyaan penelitian menggunakan beberapa metodedari disiplin ilmu yang berbeda. Penelitian ini menggunakan metode multidisiplin. Beberapametode dari disiplin ilmu yang berbeda di antaranya, yaitu: ekonomi; estetika; sejarah; danantropologi. Sedangkan metode pencarian data dilakukan dengan cara, yaitu: observasi;wawancara; dokumentasi; dan pustaka.Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa Tepas Keprajuritan adalah suatuorganisasi yang strukturnya dibagi dua, yaitu: secara admininstratif dan seremonial. Tepasadalah suatu organisasi yang mengutamakan pendekatan secara kekeluargaan. TepasKeprajuritan didirikan dengan tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan paraanggota prajurit Keraton Yogyakarta. Selain itu, adanya Tepas Keprajuritan, dapat menjaga rasakebersamaan dan kerukunan di antara anggota prajurit Keraton Yogyakarta serta para pengurustepas dalam suatu wadah organisasi. Keywords: Tepas Keprajuritan, Keraton Yogyakarta, organisasi, manajemen.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

corak

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

CORAK adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Kriya, Fakultas Seni Rupa, Institut Seni Indonesia Yogyakarta dengan nomor p-ISSN: 2301-6027 dan nomor e-ISSN: 2685-4708. Jurnal ini berisikan tentang artikel hasil penelitan, gagasan konseptual (hasil pemikiran), penciptaan, resensi buku ...