PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran
Vol 1 No 1 (2015): Pijar Nusantara

PENINGKATAN PEMAHAMAN GLOBALISASI DENGAN MODEL COOPERATITIVE LEARNING METODE STAD PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VI SEMESTER 1 SDN PULE 2 KEC. KANDAT

Lestari, Lilis Maesaroh (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2015

Abstract

Abstrak: Penelitian ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan pemahaman globalisasi dengan model Cooperative Learning metode STAD pada pembelajaran IPS Kelas VI Semester 1  SD Negeri Pule 2 Kecamatan Kandat. Hipotesisnya, jika prosedur pembelajaran menggunakan model Cooperative Learning metode STAD, maka akan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi globalisasi. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan model siklus dengan 4 langkah utama yaitu: Perencanaan,pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri Pule 2 Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri, waktu selama 3 bulan pada semester I Tahun Pelajaran 2010/2011. Pengumpulan data dengan observasi dan tes tertulis. Penelitian ini juga menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif melalui analisis tes individual dan tes pada kelompok diskusi. Kesimpulannya model Cooperative Learning metode STAD dapat meningkatkan pemahaman globalisasi dengan cara membentuk kelompok-kelompok diskusi. Setiap kelompok diskusi bertanggung jawab untuk mempelajari masalah yang berbeda-beda. Kemudian secara bersama berdiskusi untuk saling menukar pengetahuan, sehingga siswa dapat memahami materi melalui pengalaman mengkontruksi pengetahuannya sendiri. Kata Kunci: Pemahaman Globalisasi, Model Cooperative Learning, Metode STAD.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

pinus

Publisher

Subject

Education

Description

Journal Pinus is a peer review journal published by Research institutions and community service, The University of Nusantara PGRI Kediri. The aim of the Journal is to facilitate scientific publication of the results of researches in Indonesia and participate to boost the quality and quantity of ...