CANTILEVER
Vol 7, No 1 (2018): Cantilever

PERILAKU GESER TANAH YANG DISTABILISASI DENGAN KAPUR ABU SEKAM PADI DAN TULANGAN SERAT SABUT KELAPA

Suryadharma, Hendra ( Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Atma Jaya Yogyakarta)
Hatmoko, John Tri ( Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Atma Jaya Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2018

Abstract

Serangkaian pengujian laboratorium dilakukan pada pengaruh individual dan pengaruh kombinasi dari inklusi serat sabut kelapa (SSK) yanng disebar secara acak didalam tanah yang distabilisasi dengan abu sekam padi dan kapur. Abu sekam padi dicampur dengan lempung dan pasir dengan proporsi yang berbeda. Sifat-sifat geoteknik dari abu sekam padi + tanah, dan abu sekam padi + tanah + 0,8 sampai dengan 1,2% SSK dengan waktu pemeraman yang berbeda telah diteliti melalui pengujian kuat tekan bebas, geser langsung dan triaksial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pada pengujian pemadatan, untuk kadar kapur 4 dan 8% menunjukkan peningkatan kepadatan MDD dan penurunan OMC sejalan dengan lamanya waktu pemeraman.Pada pengujian geser terlihat bahwa penambahan SSK kedalam tanah – RHA tidak secara konsisten meningkatkan parameter geser tanah yaitu kohesi (c) dan sudut gesek dalam (Φ). Namun demikian secara umum penambahan SSK menigkatkan kuat geser tanah.Didalam pengujian kuat tekan bebas, penambahan SSK meningkatkan daktilitas tanah baik yang distabilisasi maupun tidak distabilisasi dengan kapur.Peningkatan kuat tekan bebas pada tanah + RHA tanpa kapur sebagai akibat dari tulangan SSK tergantung pada kuat tekan pada sampel tanpa tulangan. Penambahan SSK meningkatkan tegangan tekan pada tanah yang tidak distablisasi. Kuat tekan bebas pada tanah + RHA meningkat akibat penambahan kapur dan SSK. Hal ini tergantung pada campuran dan masa pemeraman. Peningkatan kuat tekan bebas yang disebabkan oleh gabungan kapur dan SSK relatif besar.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

cantilever

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering Environmental Science Transportation

Description

CANTILEVER merupakan jurnal penelitian dan kajian teknik sipil yang menyajikan hasil-hasil penelitian di bidang struktur, transportasi, pengembangan sumberdaya air, geoteknik, manajemen infrastruktur, dan rekayasa lingkungan serta arsitektur. Cantilever pertama kali diterbitkan pada tahun 2006 ...