Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 6, No 8 (2018): Jurnal Kreatif Tadulako Online

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Tentang Letak Suatu Tempat Dengan Media Gambar Di Kelas 1 Sekolah Dasar Kecil (SDK) Ogomojolo

Ratni, Ratni (Unknown)
Nuraedah, Nuraedah (Unknown)
Nurvita, Nurvita (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2018

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian adalah hasil belajar siswa kelas 1 SDK Ogomojolo masih sangat rendah dalam memahami mata pelajaran IPS tentang letak suatu tempat. Rumusan masalah dalam penelitian tindakan kelas yaitu’’Apakah dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS tentang letak suatu tempat di kelas 1 Sekolah Dasar Kecil (SDK) Ogomojolo? Hal tersebut dapat dilihat dari hasil tes awal dimana siswa yang tuntas hanya 6 orang dari 15 orang siswa. Rendahnya hasil belajar menjadi indikator penelitian tindakan kelas ini karena guru masih menggunakan metode ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan tanpa menggunakan media. Oleh karena itu peneliti terdorong melakukan perbaikan melalui media gambar terhadap proses pembelajaran IPS tentang letak suatu tempat agar meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SDK Ogomojolo dengan jumlah siswa 15 orang. Metode penelitian ini terdiri dari 4 fase yaitu (1) perencanaan (2) tindakan (3) observasi (4) refleksi dan terdiri dari 2 siklus serta teknik pengumpulan data menggunakan (1) tes evaluasi untuk mendapatkan data hasil belajar (2) observasi untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dan guru pada saat dilakukan tindakan. Jenis data dalam penelitian ini (1) data kualitatif berupa data aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran (2) data kuantitatif berupa data hasil belajar dalam mengerjakan tes yaitu tes awal dan tes akhir. Peningkatan hasil belajar dengan menggunakan media gambar dapat dilihat dari nilai ketuntasan individu dan ketuntasan klasikal di setiap siklus, Pada siklus I ketuntasan individu mencapai 63% dan ketuntasan klasikal mencapai 67%, Pada siklus II ketuntasan individu mencapai 85% dan ketuntasan klasikal mencapai 100%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas 1 SDK Ogomojolo pada pembelajaran IPS tentang letak suatu tempat. Kata kunci : Media Gambar, Hasil Belajar, Letak Suatu Tempat

Copyrights © 2018