Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 5, No 11 (2017): Jurnal Kreatif Tadulako Online

Peningkatan Kemampuan Bercerita Melalui Media Gambar Siswa Kelas II SD Negeri Bariri

Barangka, Dewi Sartika (Unknown)
Karim, Ali (Unknown)
Budi, Budi (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2018

Abstract

Permasalahan pokok penelitian ini adalah hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya kemampuan bercerita masih rendah. Melalui media gambar permasalahan ini dicoba untuk diperbaiki dan ditingkatkan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bercerita melalui penggunaan media gambar pada siswa kelas 1I SD Negeri Bariri tahun pelajaran 2013/2014. Prosedur penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Langkah-langkah dalam setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Pada tahap observasi, peneliti melakukan pengumpulan data dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada saat proses pembelajaran indikator keaktifan siswa siklus I 56,25% menjadi 93,75% pada siklus II meningkat 37,5%. Aktivitas guru pada siklus I 60% dalam kriteria kurang menjadi 90% dalam kriteria sangat baik pada siklus II. Hasil belajar siswa pada tes akhir presentasi siswa tuntas belajar pada kondisi awal 25% menjadi 62,5% pada siklus I dan meningkat menjadi 100% pada siklus II. Daya serap klasikal juga mengalami peningkatan dari 56,25% pada kondisi awal menjadi 64,42% pada siklus I dan pada siklus II menjadi 81,73%. Kata Kunci: media gambar, bercerita, peningkatan bercerita.

Copyrights © 2017