Penelitian ini bertujuan untuk memeroleh bahan ajar tematik bermuatan folklor bali yang valid, praktis, dan efektif sebagai upaya untuk meningkatkan literasi membaca siswa kelas IV. Bahan ajar yang dikembangkan berupa buku penunjang buku siswa dan buku petunjuk guru pada tema âTempat Tinggalkuâ dengan subtema 1 yaitu âLingkungan Tempat Tinggalkuâ. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D) dengan mengadaptasi langkah-langkah model yang dikembangkan oleh Borg dan Gall yang disederhanakan, meliputi 1) tahap pengumpulan data, (2) tahap perencanaan, (3) tahap pengembangan produk, dan (4) tahap validasi dan uji coba. Adapun hasil penelitian ini adalah 1) Hasil penilaian ahli materi terhadap bahan ajar bermuatan folklore bali ada pada skor 4,25. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar tematik bermuatan folklore ada pada kategori valid; (2) Hasil penilaian ahli desain pembelajaran ada pada skor 4,3. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar tematik bermuatan folklore ada pada kategori valid, sehingga dapat dilanjutkan pada tahapan berikutnya, yaitu tahapan uji coba terbatas; (3) Hasil uji coba terbatas menunjukkan bahwa respon siswa terhadap bahan ajar tematik bermuatan folklore bali ini ada pada skor 4.4. Hal ini menunjukkan bahwa respon siswa terhadap bahan ajar bermuatan folklore ada pada kategori âpositif.
Copyrights © 2018