Procediamath
Vol 1, No 2 (2018)

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA

Yuliardi, Ricki ( STKIP Muhammadiyah Kuningan)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2018

Abstract

Penelitian ini menghasilkan produk media pembelajaran matematika berbasis adobe flash CS6 interaktif, untuk meningkatkan penalaran siswa dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan dengan (1) evaluasi diri, (2) prototyping (tinjauan ahli, satu-ke-satu, dan kelompok kecil), dan (3) uji lapangan. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sudah valid dan efektif dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa. Berdasarkan uji lapangan, terdapat perbedaan signifikan pada rata-rata siswa sebelum dan sesudah menggunakan flash, dengan kata lain media pembelajaran berbasis Adobe Flash efektif meningkatkan kemampuan penalaran siswa dalam konsep geometri.

Copyrights © 2018