Mimbar Ilmu
Vol 23, No 3 (2018)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KANCING GEMERINCING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V

Sucipta, I Komang (Unknown)
Ngurah Japa, I Gusti (Unknown)
Margunayasa, I Gede (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing dengan kelompok siswa yang dibelajarkan tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing pada siswa kelas V SD Negeri di Gugus IV Kecamatan Sidemen. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan Equivalent post test only kontrol group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri di Gugus IV Kecamatan Sidemen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 3? Sangkan Gunung sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V SD Negeri 6 Sangkan Gunung sebagai kelompok kontrol. Penentuan kelompok eksperimen dan kontrol menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data hasil belajar IPA dilakukan dengan metode tes dan instrumen yang digunakan adalah berupa tes objektif pilihan ganda. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa thitung(3,65) > ttabel(2,01), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan. Rerata hasil belajar IPA pada kelompok eksperimen yaitu 14,12 dan kelompok kontrol yaitu 9,75. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V Gugus IV Kecamatan Sidemen tahun pelajaran 2017/2018.?Kata kunci: hasil belajar, IPA, kancing gemerincing

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

MI

Publisher

Subject

Education

Description

Mimbar Ilmu is published by Research and Community Service Institution Universitas Pendidikan Ganesha. Mimbar Ilmu aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational ...