Multitek Indonesia : Jurnal Ilmiah
Vol 12, No 1 (2018): Juli

PEMANFAATAN APLIKASI MOODLE DALAM PEMBELAJARAN STATISTIK PADA MAHASISWA INFORMATIKA

Slamet Riyanto (Informatika, Universitas PGRI Madiun)
Fatim Nugrahanti (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2018

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dari segi metode dan media pembelajaran. Salah satu teknologi informasi yang dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran adalah aplikasi Moodle. Aplikasi Moodle telah banyak digunakan banyak orang untuk proses pembelajaran e-learning.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil pemanfaatan aplikasi moodle dalam pembelajaran statistik pada mahasiswa informatika. Desain penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuasi dengan pola nonequivalent control group design (postest yang tidak ekuivalen). Variabel yang digunakan adalah kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis yang digunakan adalah uji beda t test. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen yang mendapat perlakuan aplikasi Moodle memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak mendapat perlakuan aplikasi Moodle. Perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dinilai signifikan. Dapat disimpulkan bahwa aplikasi moodle dalam pembelajaran statistik dapat dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

multitek

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Control & Systems Engineering

Description

Multitek Indonesia : Jurnal Ilmiah is a journal published by the Technic Faculty, Universitas Muhammadiyah Ponorogo (Unmuh Ponorogo) in collaboration with Universitas Muhammadiyah Ponorogo Research and Community Service. Published twice a year (June and Desember), contains six to ten articles and ...