ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Vol 2, No 1 (2018): April

ANALISIS BREAK EVEN POINT (BEP) SEBAGAI ALAT PERENCANAAN LABA PADA INDUSTRI KERAJINAN KULIT PRAKTIS MAGETAN

melinda nasyrokha (Universitas Muhammadiyah Ponorogo)
titi rapini (Universitas Muhammadiyah Ponorogo)
Hadi Sumarsono (Universitas muhammadiyah Ponorogo)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2018

Abstract

UD Praktis Magetan merupakan perusahaan yang bergerak di bidang kerajinan kulit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui laba yang diperoleh UD Praktis Magetan selama 3 tahun terakhir yaitu tahun 2017, 2018 dan 2019. Dalam melakukan penelitian penulis menerapkan analisis break even point. Metode analisis data yang digunakan adalah 1) perhitungan Break Even Point dalam unit dan Rupiah, 2) Perencanaan Laba. Dari hasil penelitian yang dilakukan, penulis dapat menyimpulkan bahwa dalam perencanaan laba dengan menggunakan analisis break even point dapat digunakan untuk memprediksi laba yang akan terjadi. Untuk pihak manajemen perusahaan mempeetimbangkan untuk menggunakan analisis tersebut, karena analisis break even point ini mengupas keterkaitan antara biaya dan volume penjualan sehingga perusahaan dapat merencanakan laba dengan lebih baik lagi.

Copyrights © 2018