ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Vol 1, No 1 (2017): Oktober

ANALISIS PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING DAN SERVICE QUALITY TERHADAP LOYALITAS NASABAH PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO), Tbk. UNIT MLARAK KANTOR CABANG PONOROGO

Riska Amalinda Anugrawati (Fakultas Ekonomi Universitas Muhamamdiyah Ponorogo)
Setyo Aji (Universitas Muhammadiyah Ponorogo)
Umi Farida (Universitas Muhammadiyah Ponorogo)



Article Info

Publish Date
09 Feb 2018

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena jumlah oustanding simpanan di BRI Unit Mlarak yang cenderung menurun setiap tahunnya. Wilayah Kecamatan Mlarak yang luas serta unit terdekat dengan berbagai Pondok Modern seharusnya bisa meningkatkan angka simpanan di BRI Unit Mlarak. Selain itu jumlah rekening pasif yang kian meningkat juga membuktikan kurangnya tingkat loyalitas pada nasabah BRI Unit Mlarak Kantor Cabang Ponorogo. Penelitian memiliki tujuan yakni mengetahui pengaruh customer relationship marketing dan service quality terhadap loyalitas nasabah BRI Unit Mlarak Kantor Cabang Ponorogo. Berdasarkan hasil penelitian dibuktikan dari nilai thitung  variabel X1 sebesar 2,218  nilai ttabel (uji dua arah yakni sebesar 1,9847 yang menyimpulkan variabel X1 berperngaruh terhadap variabel Y. Hasil penelitian variabel X2 membuktikan nilai thitungsebesar 3,805 nilai ttabel sebesar 1,98472, hal ini membuktikan bahwa variabel X2 berpengaruh terhadap variabel Y. Hasil uji f membuktikan secara serempak variabel X1 dan X2 berpengaruh terhadap variabel Y, diketahui dari nilai fhitung sebesar 13,505 nilai ftabel sebesar 3,09. Serta diketahui persamaan Y = 3,397 + 0,179X1 + 0,340X2 + e . Variabel yang dominan adalah service quality dengan nilai koefisien paling besar.

Copyrights © 2018