JSHP (Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan)
Vol 1, No 1 (2017): JSHP (Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan )

Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus dan Dana Bagi Hasil terhadap Belanja Daerah (Studi Kasus pada 14 Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Timur Periode 2009-2013)

Rihfenti Ernayani (Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Balikpapan)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan secara empirik pengaruh pendapatan asli daerah, dana alokasi umum, dana alokasi khusus dan dana bagi hasil untuk kabupaten belanja daerah/kota di provinsi Kalimantan Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah realisasi dari laporan anggaran dari 14 kabupaten/kota di Kalimantan Timur periode 2009-2013. Teknik pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah data yang diolah sebanyak 58. Data dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Pendapatan Asli Daerah memiliki pengaruh terhadap belanja daerah. Dana Alokasi Umum memiliki pengaruh terhadap belanja daerah, dan dana bagi hasil juga mempengaruhi belanja daerah, sedangkan dana alokasi khusus tidak berpengaruh pada belanja daerah. Secara bersama-sama Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus dan Dana Bagi Hasil mempengaruhi belanja daerah di Kabupaten / Kota Provinsi Kalimantan Timur. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa R-square adalah 0,892 atau 89,2% berarti bahwa belanja daerah dapat dipengaruhi oleh variabel pendapatan daerah, dana alokasi umum, dana alokasi khusus dan dana bagi hasil, sedangkan sisanya 10,8% dipengaruhi oleh factor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. 

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jsh

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

JSHP ( e- ISSN: 2597-7342, p-ISSN: 2580-5398 ) is an electronic journal published by the Center of Research and Community Service, Balikpapan State Polytechnic, Indonesia. JSHP Journal provides a media to publish scientific articles from contributors related to (1) Business and Management, (2) ...