Jurnal Al-Muta`aliyah : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol. 4 No. 1 (2019): Pendidikan dan Pendidikan Dasar

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatip Word Square dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Husairi husairi (STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif word square (kata persegi) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa indonesia pokok pembahasan Menentukan Unsur Cerita Pendek. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI Wahid Hasyim tahun pelajaran 2015/2016. Pelaksanaan proses penelitian dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus diadakan refleksi terhadap proses pembelajaran dengan meperhatikan kekurangan-kekurangan yang ada pada siklus I, maka perlu diadakan beberapa perbaikan pada siklus ke II. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, dokumentasi, dan tes. Adapun isntrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda (Multiple Choice). Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I berdasarkan hasil belajar peserta didik diperoleh hasil penghitungan untuk nilai rata-rata (mean) sebesar 77,62 dari 21 jumlah peserta didik. Sedangkan pada siklus II dari 21 jumlah peserta didik yang mengikuti tes hasil belajar diperoleh nilai rata-rata sebesar 81,05. Setelah penelitian yang dilakukan oleh peneliti ini selesai dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia pokok pembahasan Menentukan Unsur Cerita Pendek peserta didik kelas V MI Wahid Hasyim tahun pelajaran 2016/2017. dapat meningkat dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif word square.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

mutaaliyah

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Mathematics

Description

Muta’aliyah merupakan Jurnal Pendidikan Islam (JPI) di rencanakan akan terbit 1 kali setahun dengan fokus kajian Studi Pendididkan Islam secara komprehensif, Jurnal ini di harapkan mampu menjadi ruang kontemplasi dan perenungan pemikiran Pendidikan Islam secara kritis bagi semua kalangan ...