ABSTRAK Penelitian ini memfokuskan pada pengaruh disiplin kerja, kompetensi dan kompensasi terhadap kinerja guru di SMK Taruna Bangsa Ciamis. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kinerja guru yang belum optimal yang disebabkan disiplin kerja yang belum optimal, kompetensi perlu di tingkatkan dan jeleknya sistem kompensasi yang berdampak pada Kinerja guru. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif dan survei eksplanatori dengan teknik pengumpulan data wawancara, kuesioner dan observasi. Hasil penelitian kepada 59 responden ini menunjukkan bahwa disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, artinya kinerja guru dipengaruhi oleh disiplin kerja, dalam hal ini jika disiplin kerja tinggi maka kinerja guru akan tinggi, kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Artinya kinerja guru dipengaruhi oleh kompetensi guru, dalam hal ini jika kompetensi guru tinggi maka kinerja guru tinggi, kompensasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja guru. Artinya kinerja guru dipengaruhi oleh kompensasi namun pengaruhnya perlu ditingkatkan. Dalam hal ini semakin tinggi kompensasi guru maka akan semakin tinggi kinerja guru. secara simultan disiplin kerja, kompetensi dan kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Yang akhirnya bahwa apabila disiplin kerja, kompetensi dan kompensasi tinggi maka kinerja guru pun akan tinggi.
Copyrights © 2018