EduReligia : Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 1, No 1 (2017)

STRATEGI INTERNALISASI NILAI-NILAI PAI DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA

Muhammad Munif (Institut Agama Islam Nurul Jadid Paiton Probolinggo)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2018

Abstract

Tulisan ini mendeskripsikan strategi internalisasi nilai-nilai agama Islam dalam membentuk karakter  siswa di sekolah, mulai dari konsepsi tentang internalisasi nilai, tahapan-tahapan dalam proses internalisasi yaitu: tahap Transformasi Nilai, tahap Transaksi Nilai, dan tahap Transinternalisasi. Selanjutnya, tulisan ini  akan mengeksplorasi teori-teori strategi internalisasi nilai yang populer di kalangan praktisi pendidikan meliputi: strategi keteladanan  (modelling), strategi pembiasaan, strategi ibrah dan amtsal, strategi pemberian nasehat, strategi pemberian janji dan ancaman (targhib wa tarhib), dan strategi kedisiplinan. Pembahasan dalam naskah ini akan dilengkapi dengan model pendekatan internalisasi nilai-nilai PAI di sekolah dari guru kepada siswa melalui lima pendekatan, yakni pendekatan indoktrinasi, pendekatan moral reasoning, pendekatan forecasting concequence, pendekatan klasifikasi nilai, dan pendekatan ibrah dan amtsal. Diakhiri dengan strategi untuk membudayakan nilai-nilai agama di sekolah melalui : power strategi, persuasive strategy, dan normative re-educative strategy.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

edureligia

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Edureligia : Jurnal Pendidikan Agama Islam is published by Islamic Faculty of Nurul Jadid University, with its main aim to spread critical and original analysis from researchers and academic practitioners on various contemporary educational issues. This journal encompasses research articles, ...