Gelar : Jurnal Seni Budaya
Vol 14, No 1 (2016)

STRATEGI VISUAL PADA PROMOSI DESA WISATA BATU AKIK MELALUI DESTINATION BRANDING DI DESA TIRTOMOYO WONOGIRI

Andreas Slamet Widodo (Universitas Sebelas Maret Surakarta Jl. Ir Sutami 36A Surakarta)
Jazuli Abdin Munib (Universitas Sebelas Maret Surakarta Jl. Ir Sutami 36A Surakarta)
Ercilia Rini Octavia (Universitas Sebelas Maret Surakarta Jl. Ir Sutami 36A Surakarta)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan merumuskan rancangan strategi visual bagi desa Tirtomoyo Wonogiri sebagai salahsatu daerah penghasil batu akik terbaik di dunia. Hasil rancangan ini akan diimplementasikan dalam bentukmedia, sehingga desa Tirtomoyo Wonogiri dijadikan sebagai destinasi wisata batu akik. Untuk mencapaitujuan ini, kegiatan penelitian akan dilaksanakan selama satu tahun. Kuartal I merupakan Tahap PerancanganStrategi Visual yaitu tahap untuk merancang strategi visual destinasi wisata batu akik unggulan di daerahTirtomoyo Wonogiri berdasar dari pemetaan aset wisatanya. Kuartal II merupakan Tahap PerancanganProgram Destination Branding yaitu tahap untuk merancang program destination branding berdasar dari analisisstrategi pengelolaan wisata yang telah dilakukan oleh Pemkab Wonogiri dan lembaga terkait sertamendeskripsikan tingkat keberhasilannya. Kuartal III merupakan Tahap Implementasi Rancangan yaitu tahapuntuk mengimplementasikan hasil rancangan ke dalam media komunikasi visual melalui destination brandingpada desa Tirtomoyo Wonogiri menuju desa wisata batu akik.Agar dapat menarik segmen wisatawan yangyang lebih luas, maka perlu adanya perancangan strategi visual melalui destination branding. Hal ini diharapkandapat memberikan dampak positif bagi perkembangan perekonomian daerah Wonogiri khususnya di desaTirtomoyo.Tujuan yang dicapai pada penelitian ini adalah merancang visual branding sebagai salah satu bagiandari program destination branding sebagai upaya promosi meningkatkan daya tarik wisatawan terhadap potensiyang dimiliki oleh desa Tirtomoyo di Kabupaten Wonogiri.Kata kunci: strategi visual, destinasi wisata, destination branding, desa wisata batu akik.

Copyrights © 2016