JRA: Jurnal Riset Akuntansi
Vol 5 No 1 (2013): Jurnal Riset Akuntansi

Pengaruh Laba Per Lembar Saham (EPS) dan Rasio Pengembalian Modal (ROE) Terhadap Harga Saham (Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2012)

Setyanusa, Inta Budi (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2017

Abstract

Harga saham merupakan salah satu informasi penting yang harus dianalisis olehinvestor ketika akan berinvestasi saham di perusahaan. Untuk menganalisis hargasaham, investor dapat menggunakan rasio keuangan seperti earning per share danreturn on equity. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perkembangan EarningPer Share, Return On Equity dan harga saham, serta untuk menganalisis pengaruhEarning Per Share dan Return On Equity secara parsial maupun simultan terhadapharga saham. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif denganpendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah perusahaan perbankan yangterdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2009-2012. Pengambilan sampeldilakukan dengan cara purposive sampling dan jumlah sampel yang digunakanberjumlah 56 laporan keuangan dari 14 perbankan. Pengujian statistik yang digunkanadalah analisis regresi linier berganda, uji hipoetsis dengan bantuan program aplikasiSPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Earning Per Share(EPS) dan Return On Equity (ROE) berpengaruh secara parsial signifikan dengan arahpositif terhadap harga saham. Secara simultan Earning Per Share (EPS) dan ReturnOn Equity (ROE) berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap harga sahampada perusahaan sektor perbankan yang terdaftar di BEI periode 2009-2012.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

jira

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JRA diterbitkan oleh Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unikom setiap 6 bulan sekali dengan tujuan menyebarluaskan informasi hasil riset akuntansi kepada para akademisi, praktisi, mahasiswa dan lainnya meliputi bidang akuntansi dan ...