Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan
Vol 5 No 1 (2017): Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan

Peningkatan Pemahaman Guru Terhadap Materi Kurikulum 2013

Dermawati Derma Nazar (Widyaiswara Ahli Utama Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2017

Abstract

Berubahnya kurikulum KTSP menjadi Kurikulum 2013 membutuhkan penyesuaian pola pikir para pemangku kepentingan (stakeholder). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta diklat terhadap materi kurikulum 2013 dan peningkatan kompetensi pedagogik pada pendidikan dan pelatihan Kurikulum 2013 Bagi Guru IPA SMP/MTs di Lingkungan UPTD PPMG Wilayah VI Dinas Pendidikan Aceh. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif dengan menggunakan instrumen observasi untuk mengukur tingkat pemahaman peserta pendidikan dan pelatihan terhadap materi kurikulum 2013 dan kompetensi pedagogik yang dianalisis secara deskriptif. Hasil observasi kepada peserta pendidikan dan pelatihan menunjukkan pemahaman sebelum mengikuti pendidikan dan pelatihan menunjukkan ketidaktahuan, kurang tahu atau ragu-ragu terhadap materi konsep kurikulum 2013, pendekatan saintifik, penilaian autentik, rancangan pembelajaran, dan model pembelajaran pada semua peserta diklat. Setelah mengikuti pendidikan dan pelatihan maka pemahaman peserta pendidikan dan pelatihan tentang materi kurikulum 2013 menunjukkan peningkatan yang siginifikan.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

andragogi

Publisher

Subject

Education Other

Description

Andragogi Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan (p-ISSN 2620-5009, e-ISSN 2623-1190) is a periodical journal published by Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan (Center of Education and Religious Technical Training), under The Ministry of Religion Affairs, Republic of Indonesia. ...