Jurnal Akuntansi : Kajian Ilmiah Akuntansi (JAK)
Vol 6, No 1 (2019)

Pengaruh Media Richness Terhadap User Trust Dan Persepsi Corporate Social Responsibility

Soerono, Ayu Noorida (Unknown)
Tjahjono, Mzda Eko Sri (Unknown)
Sutjipto, Hady (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2019

Abstract

Studi ini meneliti pengaruh media richnerss terhadap user trust dan persepsi corporate social responsibility dengan sensitivitas lingkungan industri sebagai variabel moderating. Populasi dalam penelitian ini adalah  manajer pada perusahaan manufaktur di provinsi Banten yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jumlah perusahaan manufaktur di provinsi Banten sebanyak 45 perusahaan manufaktur. Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik purpusove sampling. Metode purpusove samping merupakan metode pemilihan sampel yang seseuai dengan penelitian ini yaitu; 1) Perusahaan manufaktur di provinsi Banten yang listing di BEI, 2) Responden dalam penelitian ini adalah manajer keuangan, manajer produksi, manajer sumber daya manusia, manajer pemasaran. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 180 responden. Penelitian ini menggunakan simple regression analysis sebagai alat analisis regresi sederhana dan menggunakan nilai selisih mutlak dengan menggunakan software Statistical Package for Social Science(SPSS). Hasil penelitian ini adalah menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif antara media richness terhadap user trust, sensivitas lingkungan industri tidak memoderasi hubungan antara media richness dengan user trust, pengaruh positif namun tidak signifikan media richness terhadap persespi corporate social responsibility.   

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

akuntansi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Akuntansi (JAK) was published by the Accounting Study Program, Faculty of Economics and Business, Serang Raya University, Indonesia. Published twice a year, January and July, JAK is a communication media and a reply forum for scientific work, especially regarding ...