Journal of Mechanical Engineering Education (Jurnal Pendidikan Teknik Mesin)
Vol 5, No 2 (2018): Desember

PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GARIS DAN KONSTRUKSI GEOMETRIS

Hidayat, Darusman (Unknown)
Wiharna, Ono (Unknown)
Yayat, Yayat (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2019

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada materi garis dan konstruksi geometris. Metode penelitian menggunakan pre-experiment design dengan one group pretest -posttest design. Variabel dalam penelitian ini yaitu: penggunaan media video dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TPU 9 di SMKN 12 Bandung. Sampel ditentukan dengan purposive samplingyang berjumlah 32 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah paired sample t-test. Uji-t digunakan untuk mengetahui perbedaan tingkat hasil belajar siswa. Hasil penelitian diperoleh peningkatan nilai hasil belajarrata-rata sebesar 29,5. Peningkatan hasil belajar (N-gain) sebesar 0,4 yang masuk dalam kategori sedang. Hasil pengujian hipotesis terdapat pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap hasil belajar pada materi garis dan konstruksi geometris.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jmee

Publisher

Subject

Education Mechanical Engineering

Description

Journal of Mechaninal Engineering Education merupakan jurnal yang mendeseminasikan hasil penelitian dalam bidang pendidikan teknik mesin (vocational education in mechanical engineering). Terbit tiap bulan Juni dan Desember setiap ...