Instagram nenjadi media sosial paling populer karena sistem pengolahan foto, videodan perolehan informasi yang lebih praktis. Media sosial Instagram menawarkansistem komunikasi dengan berbagai kemudahan melalui penggunaan fitur ataupunkonten tidak hanya estetika tetapi juga etika yang diciptakan. Pemanfaatan fitur untukmenemukan foto, video dan berita tentang keIslaman serta Akun-akun nuansa Islamipada Instagram adalah salah satu metode yang dapat menciptakan etika yang baiksekaligus mempengaruhi bagi penggunanya. Metode penelitian yang digunakan dalampenelitian ini adalah metode kuantitatif eksplanasi. Teknik pengumpulan data dalampenelitian ini menggunakan kuesioner. Jumlah sampel untuk penelitian ini adalah 69responden dan menggunakan teknik random sampling. Untuk menentukan pengaruhkedua variabel ini, peneliti menggunakan uji reliable, uji analisis path dan ujideterminasi. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh signifikan yang diberikanInstagram pada indikator hastag, follow, re-posting, share, like, dan komentarterhadap sisi religius mahasiswa dengan indikator perhatian atau ketertarikan,aktivitas berbagi dan aktivitas dokumenter.
Copyrights © 2018