Di era yang serba modern ini, informasi dengan mudahnya dapat diakses secara langsung tanpa ada dinding pembatas atau dapat dikatakan “real timeâ€, untuk masyarakat yang tiap waktunya haus akan informasi. Kebutuhan akan informasi mengenai faktor perilaku pelanggan pada sebuah restoran juga diperlukan sebagai pengetahuan bisnis untuk bersaing dari kompetitor bisnis restoran lainnya. Penelitian ini dilakukan untuk mencari perilaku masyarakat yang sedang berada di restoran berdasarkan penerapan prinsip ilmu psikografis. Penelitian ini menggunakan Metode Clustering untuk menentukan bagian - bagian dari sekelompok data yang telah didapatkan dengan cara melakukan segmentasi sejumlah data yang memiliki sifat yang sama menggunakan Algoritma Simple K Means. Segmentasi pada penelitian ini dilakukan dengan tools bernama WEKA dan dari hasil perhitungannya didapatkan 5 cluster yang berbeda sesuai dengan perilaku masing masing responden saat berkunjung ke restoran. Cluster yang memiliki nilai paling dominan adalah cluster yang bernama “Langganan†yang memiliki persentase sebesar 28% dikarenakan cluster tersebut merupakan pelanggan yang dikategorikan “pelanggan setia†pada sebuah restoran di penelitian ini.
Copyrights © 2018