Journal Of Agritech Science (JASc)
Vol 1 No 2 (2017): Journal of Agritech Science (JASc) - November

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KARAKTERISTIK FISIK BIJI JAGUNG (Zea mays) VARIETAS HIBRIDA DAN KOMPOSIT”. (The Factor of Affecting Physical Characteristics of Maize Seeds (Zea mays) Hybrid and Composite Varieties)

Syamsinar Rahmia (Universitas Ichsan Gorontalo, Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian Jalan Achmad Nadjamuddin No 17 Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2018

Abstract

Umumnya produk pertanian bersifat mudah rusak disebabkan kandungan air dalam bahanpangan. Dalam upaya pengembangan teknologi di bidang pertanian dibutuhkan informasitentang karakteristik bahan baku meliputi sifat fisik dan mekanik bahan sehingga dapatdisusun kriteria mutu produk pertanian yang akan dihasilkan maupun teknik dan prosespengolahannnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhikarakteristik fisik biji jagung berdasarkan varietas, kadar air, dimensi biji, dan kerapatan bijijagung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa varietas jagung (V), kadar air biji (ka), dimensitebal biji (DT), dimensi lebar bawah biji (DLB), kerapatan biji searah (KS), dan kerapatan bijitegak lurus (KTL) berpengaruh terhadap karakteristik sifat fisik biji jagung.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jasc

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Immunology & microbiology

Description

Journal of Agritech Science (JASc) adalah jurnal ilmiah yang mempublikasikan hasil-hasil penelitian dalam bidang rekayasa dan teknologi pengolahan hasil pertanian, peternakan dan perikanan. Terbit dua kali dalam setahun pada bulan Mei dan ...